Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan mengakibatkan kesulitan bagi beberapa kelompok orang untuk memenuhi kebutuhan hariannya terutama dalam hal pangan. Kesulitan dalam pemenuhan pangan, nampak jelas bagi pengurus pondok pesantren yang masih mempertahankan keberadaan santri-santrinya dan hanya ditopang oleh pemberian para donator. Ketidakpastian perekonomian akibat pandemic menyebabkan berkurangnya bahkan absennya input donasi ke pondok pesantren. Melihat hal tersebut, Dosen program studi S1 Biologi bersama prodi S1 Fisika, BEM dan LPPM Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) berinsitaif mengadakan program bakti sosial dengan memberikan berbagai keperluan harian berupa sembilan bahan pokok (Sembako) kepada pondok pesantren terdampak covid-19.

Program ini dilaksanakan dengan memanfaatkan moment masa ta’aruf mahasiswa baru yaitu pada tanggal 15 September 2021 di Pondok Pesantren Yayasan Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) Turi, Lamongan. Pemilihan moment masa ta’aruf mahasiswa baru untuk bakti sosial dimaksudkan untuk menggugah rasa kepedulian mahasiswa baru prodi S1 Biologi terhadap kondisi masyarakat saat ini. Ketua program studi S1 Biologi, Bapak Mh. Badrut Tamam, S.Pd., M.Sc mengatakan bahwa mahasiswa biologi harus memiliki sense of social care yang tinggi, tidak hanya pada sesama manusia tapi juga pada lingkungan, hewan dan tumbuhan, maka program ini sangat cocok diberikan kepada mahasiswa baru saat masa orientasi kampus, jadi mereka akan terbiasa melakukan hal yang sama nantinya. Bakti sosial ini juga sebagai implementasi pengabdian kepasa masyarakat dosen – dosen. Bakti sosial memberikan sejumlah sembako yang terdiri dari beras 150 kg, Gula 150 kg, dan Minyak 150 liter. Tidak hanya sembako, rombongan dari prodi S1 Biologi, LPPM, dan Mahasiswa Baru UMLA juga menghibahkan masker medis sebanyak 5 box untuk men-support keterlaksanaan protocol kesehatan di pondok pesantren tersebut.

Pemberian diterima oleh pengajar ponpes SPMAA, Bapak Ahmad Prasetyo, beliau mengucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan karena bantuan sangat sesuai dengan yang dibutuhkan dan tentu akan bermanfaat. Di akhir kegiatan, beliau turut mendoakan agar UMLA, Prodi S1 Biologi dan S1 Fisika, serta BEM semakin maju dan sukses menjadi perguruan tinggi yang dipandang serta unggul di Kabupaten Lamongan hingga Nasional.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.