Himpunan Mahasiswa Biologi Nelumbo – Universitas Muhammadiyah Lamongan meraih pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2021 dari KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI (KEMENRISTEKDIKTI). Proposal PHP2D yang diusulkan oleh HIMBIO Nelumbo yang diketuai oleh Karin ini berjudul Pengelolaan Sampah Berbasis 6R sebagai Bahan Baku Ekonomi Kemasyarakatan dengan Prinsip Circular Economic di Kelurahan Blimbing.

Program ini berawal dari keresahan akan timbunan sampah yang ada di Desa Blimbing Paciran Lamongan yang sudah termasuk dalam kategori kumuh. Data lingkungan hidup menunjukkan bahwa sampah yang dihasilkan di desa ini mencapai 2,32% dari total sampah yang dihasilkan di kabupaten Lamongan yaitu 393,18 Ton/hari. Namun penanganan sampah masih kurang maksimal dijalankan.

Himbio Nelumbo berusaha menggandeng masyarakat desa untuk membuat pengolahan sampah berbasis 6R (Reduce, Reuse, Recyle, Repair, Refuse, Rethink). Program ini bertujuan untuk menggunakan sampah sebagai Bahan Baku Ekonomi Kemasyarakatan dengan Prinsip Circular Economic di Kelurahan Blimbing. Program ini meliputi pengolahan sampah organik dan anorganik Biowaste processing dan Pencacahan plastik, Kegiatan ini akan dapat enambah penghasilan masyarakat dari pengolahan sampah yang dihasilkan dengan pemanfaatan sampah yang telah diolah.

Raihan prestasi ini tidak lepas dari bimbingan dari dosen pembimbing Rofiatun Solekha dan semua dosen Biologi UMLA yang telah membimbing mahasiswa hingga lolos pendanaan. Dosen pembimbing berharap agar mahasiswa dapat melaksanakan kewajiban yang telah dibebankan dalam melaksanakan program PHP2D ini. Program PHP2D ini juga akan dapat dikonversikan 10 sks mata kuliah jika sudah dilaksanakan dengan baik.

#MAM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.