Kebutuhan akan pemenuhan tugas Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat membuat Program Studi Biologi UMLA memperluas jaringan kerjasamanya. Penandatanganan Memorandum of Undersanding (MoU) antara Universitas Muhammadiyah Lamongan dengan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sudah dilaksanakan pada tanggal 14 April 2021 yang ditandatangani oleh Drs. H. Budi Utomo, M.Kes., dan Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D. Sedangkan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) ditandatangani pada tanggal 12 Agustus 2021 dalam acara ceremonial penandatanganan kerjasama secara daring yang diikuti oleh Fakultas Sains, Teknologi, dan Pendidikan UMLA dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya yang diwakili oleh Eko Handoyo, M.Kom dan Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag.

Bentuk kerjasama ini meliputi sinergi dalam bidang pendidikan dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penyelenggaraan pendidikan kolaboratif, dan pelaksanaan praktikum. Dalam bidang penelitian, kerjasama ini meliputi penyelenggaraan penelitian bersama untuk DNA barcoding salah satu spesies endemik di jawa timur, penelitian kolaboratif, dan publikasi bersama. Sedangkan dalam bidang pengabdian masyarakat, kedua pihak sepakat untuk saling mensukseskan program Bioseminar UMLA dan Bioempower UINSA, pengelolaan jurnal Biotropic, dan melaksanakan program Pengabmas bersama.

Dekan FST UINSA mengharapkan kerjasama ini berjalan dengan sinergi yang baik antara kedua fakultas, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengembangan mutu. Dekan FSTP UMLA juga berharap hal yang sama dengan adanya kerjasama ini. Beliau juga mengharap penandatanganan MoU dan MoA ini menjadi awal dalam perjuangan bersama dalam memajukan bangsa Indonesia.

Ditulis oleh: M. Ainul Mahbubillah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.