Mahasiswa Semester 5 Program Studi S1 Biologi melaksanakan praktikum Teknologi DNA sekaligus penelitian di Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya (31 Januari 2022). Acara ini berdasarkan atas kerjasama yang sudah terjalin di antara kedua institusi yakti Universitas Muhammadiyah Lamongan dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mahasiswa melakukan praktikum yang dibimbing langsung oleh Yuanita Rachmawati, M.Sc dari UIN Sunan Ampel untuk menguji beberapa sampel makanan yang dibawa oleh para mahasiswa. Para mahasiswa melakukan uji sampel dengan melakukan ekstraksi DNA. Selanjutnya mahasiswa melakukan uji PCR pada sampel dengan meracik sampel DNA, DNA Polimerase, primer spesifik babi, dan beberapa buffer.

Sampel yang telah diracik selanjutnya dilakukan proses Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan menggunakan thermocyler. Reaksi berlangsung selama beberapa putaran hingga didapatkan copy DNA dalam jumlah banyak. Selanjutnya mahasiswa memvisualisasikan hasil PCR dengan mengalirkan melalui gel elektroforesis. Pada tahap ini mahasiswa tidak menemukan adanya kandungan babi pada beberapa makanan yang dibawa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.