Program studi S1 Biologi Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Lamongan menerima hibah reagen kimia dari kedeputian IPH LIPI Cibinong. Serah terima bantuan berlangsung pada hari Senin, 29 Maret 2021 di Pusat Penelitain Biologi, LIPI Cibinong. Reagen dipilih dan diambil langsung oleh perwakilan dosen prodi S1 Biologi UMLA di gudang reagen IPH Cibinong yang didampingi oleh anggota pengelola bahan riset IPH.

Reagen cair di gudang reagen IPH LIPI Cibinong

Reagen kimia tersebut merupakan hasil buyback yang dilakukan oleh tim reagen IPH LIPI dari para peneliti LIPI. “Sangat banyak reagen yang tersisa dari aktivitas penelitian sedangkan waktu daluarsanya sudah dekat, untuk itu kami inisiatif untuk menghibahkan kepada kampus agar lebih bermanfaat” ungkap Dr. Hani Susanti, Manajer Bahan Riset IPH-LIPI. Peluang tersebut disambut cepat oleh program studi S1 Biologi UMLA sehingga menjadi salah satu dari dua universitas yang menerima hibah reagen kimia LIPI. Ketua Program studi S1 Biologi UMLA sangat mengapresiasi program hibah yang diadakan oleh LIPI. Bapak Badrut Tamam, S.Pd., M.Sc, Kaprodi S1 Biologi menegaskan “Hibah ini sangat membantu kami sebagai program studi yang baru berdiri, kami memang memerlukan pengadaan berbagai jenis reagen kimia untuk menjalankan praktikum. Alhamdulillah LIPI menginformasikan bahwa mereka membuka kesempatan bagi kampus untuk mengambil reagen- reagen di gudang mereka”. Total 167 item reagen kimia yang dihibahkan oleh LIPI kepada Prodi S1 Biologi UMLA meliputi reagen padat dan cair, bahkan Ibu Hani juga memberikan 7 kit molekuler yaitu PCR Clean up kit, Tris-Acetat-EDTA (TAE) buffer pH 8, Quic Gel Extraction Kit, PCR Purification Kit, Genomic DNA Mini Kit, Protein Assay Kit, dan High-Speed Plasmid Mini Kit. Kit molekuler tersebut sangat berguna untuk pelaksaan praktikum biologi molekuler dan genetika. Praktikum ini sudah pasti akan meningkatkan skill mahasiswa di bidang molekuler yang sedang booming seperti saat ini. Sebelum mendapatkan reagen-reagen kimia ini, mahasiswa hanya mendapat topic praktikum yang sederhana menyesuaikan reagen yang tersedia di laboratorium. Dosen-dosen biologi berharap dengan adanya reagen baru dan cukup lengkap dapat menambah topik-topik praktikum yang diberikan kepada mahasiswa, sehingga mereka lebih mudah memahami teori yang disampaikan di kelas dan mengalami peningkatan ketrampilan. Reagen juga tidak hanya digunakan dalam praktikum, namun juga dapat dimanfaatkan untuk penelitian dosen. 

Penandatanganan Berkas Serah Terima Hibah Reagen Deputi IPH LIPI yang diwakili oleh Manajer Bahan Riset IPH-LIPI dan Ketua Program Studi S1 Biologi UMLA

Serah terima reagen disertai pula dengan penandatangan berkas serah terima yang melibatkan ketua program studi S1 Biologi UMLA, Bapak M. Badrut Tamam, S.Pd., M.Sc  dan Deputi Bidang IPH – LIPI Bapak Dr. Yan Rianto, M.Eng, namun saat penandatanganan Dr. Yan berhalangan hadir dan diwakilkan oleh Dr. Hani Susanti. Kegiatan ini sekaligus menjadi awal jalin kerjasama antara prodi S1 Biologi UMLA dengan LIPI dan lebih lanjut akan dikembangkan menjadi kerjasama antar instusi yang mengarah ke implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.