Biologi | Hymenocallis littoralis (Jacq.) Salisb.
11 Sep

Hymenocallis littoralis (Jacq.) Salisb.

Deskripsi: Hymenocallis littoralis atau Bunga Bakung merupakan tumbuhan berhabitus herba. Daun halus dan mengkilap berbentuk panjang dan berbentuk tali dengan tepi rata, daun agak terlipat di sepanjang pelepah dan mempunyai ujung daun yang lancip. Bunga putih besar terletak pada batang yang tebal dan rata. Bunga tersusun atas 4 sepal linier berbentuk kelopak, kelopak menyatu membentuk corong, 6 benang sari panjang dengan kepala sari berwarna kuning, dan 1 kepala putik panjang berujung bulat.

Klasifikasi:

Kingdom         : Plantae

Divisi               : Streptophyta

Kelas               : Equisetopsida

Subkelas          : Magnoliidae

Ordo                : Asparagales

Famili              :  Amaryllidaceae

Genus              : Hymenocallis

Spesies            : Hymenocallis littoralis (Jacq.) Salisb.

Persebaran dan Habitat: Asli dari negara-negara Amerika Tengah seperti Belize, Brazil, Colombia, Costa Rica, dan Honduras. Di Indonesia sebagai spesies introduksi. Dapat ditemukan tumbuh dengan baik di negara-negara tropis dan sub-tropis.  

Manfaat: H. littoralis memiliki senyawa bioaktif yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. H. littoralis memiliki senyawa alelokimia untuk melindungi dirinya dari serangga, sekaligus senyawa aromatik yang digunakan sebagai atraktan. Sebagai tanaman obat, spesies ini memiliki aktivitas anti jamur, anti bakteri dan anti inflamasi. Ekstrak umbi, akar dan kepala sari memiliki aktivitas antioksidan dan menghambat sitotoksisitas.

Referensi

https://powo.science.kew.org/taxon/urn:lsid:ipni.org:names:30048918-2

https://www.ijsr.net/archive/v6i11/ART20178293.pdf

 

 

Related Posts

Hibiscus rosa-sinensis

Admin | 11-Sep-2024