22Jul

Mahasiswa Biologi UMLA Berkeseruan dalam Praktik Industri di PT HM Sampoerna Tbk

• 08-Apr-2024

Mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) tidak hanya mendapatkan pengalaman belajar di ruangan kuliah dan praktik di laboratorium, tetapi juga memiliki kesempatan langka untuk terjun langsung ke lapangan melalui kegiatan praktik industri. Salah satu contohnya adalah praktik industri yang baru-baru ini dilakukan di PT HM Sampoerna Tbk. Kegiatan praktik industri ini merupakan bagian integral dari pembelajaran materi mata kuliah Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (

22Jul

Dua Mahasiswa Biologi UMLA mengikuti Program Mahasiswa Kurator Data Hayati (MKDH) KOBI

• 08-Apr-2024

Dua mahasiswa program studi S1 Biologi dari Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indah Triwahyuni Latifah dan Syafiq Alfanani, telah berhasil lolos dalam program Mahasiswa Kurator Data Hayati (MKDH) yang diselenggarakan oleh Konsorsium Biologi Indonesia. Keberhasilan mereka dalam meraih prestasi ini merupakan suatu pencapaian yang membanggakan bagi Universitas Muhammadiyah Lamongan serta menjadi bukti akan kualitas dan kompetensi mahasiswa dalam bidang ilmu biologi. MKDH merupakan program yang s

22Jul

Sambut Maba 2023, Prodi Biologi UMLA Kenalkan Laboratorium dan Teknik Pemeriksaan Golongan Darah

• 01-Dec-2023

Dalam rangka memeriahkan Masa Ta’aruf Mahasiswa 2023 (Mastama), Prodi  Biologi UMLA secara khusus melakukan penyambutan kepada mahasiswa baru jurusannya. Acara dibuka langsung oleh Ketua Prodi Biologi, Ibu Putri Ayu Ika Setiyowati, S.Si, M.Si. dan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai visi-misi Prodi Biologi. Para jajaran dosen dan Anggota Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO Nelumbo) juga diperkenankan untuk memperkenalkan diri kepada mahasiswa baru. Bentuk program kerja HIMABIO Nelu

Praktikum Lapangan Di Kawasan Wisata Air Terjun Dlundung Trawas

• 30-Nov-2023

Kamis, 3 Februari 2022 mahasiswa semester 1,3,dan 5 melaksanakan kegiatan praktikum lapangan di kawasan wisata Air terjun Dlundung Trawas Mojokerto. Praktikum meliputi mata kuliah Pengenalan Lingkungan (semester 1), sistematika hewan dan sistematika tumbuhan (semester 3), dan ekologi (semester 5). Praktikum lapangan ini dilakukan dengan bimbingan masing-masing dosen pengampu dari setiap mata kuliah. Selain dari dosen pengampu, praktikum ini juga dipandu oleh ahli botani yang juga merupakan

22Jul

Praktikum dan Penelitian tentang Uji Halal dengan Metode PCR bekerja sama dengan UIN Sunan Ampel

• 30-Nov-2023

Mahasiswa Semester 5 Program Studi S1 Biologi melaksanakan praktikum Teknologi DNA sekaligus penelitian di Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya (31 Januari 2022). Acara ini berdasarkan atas kerjasama yang sudah terjalin di antara kedua institusi yakti Universitas Muhammadiyah Lamongan dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Mahasiswa melakukan praktikum yang dibimbing langsung oleh Yuanita Rachmawati, M.Sc dari UIN Sunan Ampel untuk menguji beberapa sampel makanan yang dibawa oleh para mahasis

22Jul

Prodi S1 Biologi UMLA Menerima Hibah Reagen Kimia dari Lembaga Imu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

• 30-Nov-2023

Program studi S1 Biologi Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Lamongan menerima hibah reagen kimia dari kedeputian IPH LIPI Cibinong. Serah terima bantuan berlangsung pada hari Senin, 29 Maret 2021 di Pusat Penelitain Biologi, LIPI Cibinong. Reagen dipilih dan diambil langsung oleh perwakilan dosen prodi S1 Biologi UMLA di gudang reagen IPH Cibinong yang didampingi oleh anggota pengelola bahan riset IPH. Reagen kimia tersebut merupakan hasil buyback yang dila

22Jul

Biologi UMLA dan Biologi UM Surabaya sukses selenggarakan Biology Online Course yang diikuti 5 negara

• 30-Nov-2023

Program studi S1 Biologi Fakultas Sains, Teknologi, dan Pendidikan (FSTP) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) sangat memperhatikan potensi Biodiversitas Indonesia. Indonesia dilimpahi dengan kekayaan hayati yang tiada taranya baik flora maupun fauna. Hal ini bisa terlihat dari 2 juta spesies tumbuhan (flora) di dunia, sebanyak 60 persennya ada di Indonesia begitupun dengan hewan (fauna) yang mencapai sekitar 220 ribu jenis. Kekayaan hayati yang melimpah ini lantaran letak Indonesia yang b