Biologi | Sosialisasi MSIB dan Studi Independen 2024 Prodi Biologi UMLA
25 May

Sosialisasi MSIB dan Studi Independen 2024 Prodi Biologi UMLA

Lamongan, 22 Mei 2024. Program Studi Biologi Universitas Lamongan mengadakan kegiatan sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa Magang Bersertifikat (MSIB) dan Studi Independen. Kegiatan ini diinisiasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan mahasiswa Prodi Biologi UMLA, terutama dalam mempersiapkan diri dalam dunia karir. Program MSIB adalah program magang atau praktik kerja yang dilaksanakan selama satu semester. Sementara itu program. Sementara itu, Studi Independen merupakan program yang menawarkan pelajaran aplikatif lintas jurusan dari para ahli di luar universitas.

Kegiatan sosialisasi yang dilakanakan secara daring ini membahas mengenai pengenalan program, cara membuat akun pendaftaran, strategi memilih posisi magang, dan jenis proses seleksi. Beberapa mitra dan posisi magang atau studi independen sempat dibedah untuk meningkatkan motivasi seluruh mahasiswa Prodi Biologi UMLA, seperti posisi Agronomis di Kementerian Pertanian, Quality Control di PT. Mustika Ratu, dan Indonesia Sustainable Social Forestry Education Programe (ISS-FREE) oleh PT. Amati. Penjelasan mengenai dokumen kelengkapan pendaftaran juga disampaikan agar mehasiswa semakin siap, terutama strategi dalam menulis Curriculum Vitae (CV).

Akhir sesi sosialisasi digunakan untuk mendiskusiakan pertanyaan yang siutarakan oleh mahasiswa. Beberapa mahasiswa sangat antusias, terutama dalam meminta penjelasan mengenai strategi memilih mitra magang yang sesuai dengan Kurikulum dan Capaian Lulusan Prodi Biologi. Mahasiswa juga sempat mengutarakan pertanyaan mengenai sistem konversi program MBKM, dimana kegiatan MSIB dan Studi Independen dapat dikonversi atau menggantikan SKS Mata Kuliah seperti Praktik Kerja Lapangan (PKL), Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan mata kuliah lainnya dengan total maksimal 20 SKS.

Related Posts