20 Apr

Mahasiswa Biologi Universitas Muhammadiyah Lamongan Raih Pendanaan PKM-RE tahun 2024

Lamongan, 20 April 2024 - Sebuah capaian gemilang berhasil diraih oleh mahasiswa Program Studi S1 Biologi Universitas Muhammadiyah Lamongan. Dengan keberhasilan mendapatkan pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) kategori Riset Eksakta (PKM-RE) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2024, tim ini menunjukkan komitmen tinggi dalam mengembangkan riset yang inovatif.

Tim peneliti yang dipimpin oleh ketua tim, Attahitan Indi Pratama, dibantu oleh sejumlah anggota: Amelia Kartika Reza Rahmawati, Marisa Lestari, dan Fachdiya Risfi Adriyani yang turut berkontribusi dalam proyek ini. Dosen pembimbing yang mendukung kelancaran penelitian ini adalah Laila Ainur Rohmah, M.Sc. Judul penelitian yang mereka usung adalah "Bioprospeksi Makroalga Ulva lactuca Sebagai Penutrisi dan Kopolimer Enkapsulan Pupuk Berbasis Slow Release Fertilizer Dari Minyak Jelantah Guna Mewujudkan SDGs".

Prestasi ini semakin membanggakan karena satu-satunya judul yang lolos dari program studi S1 Biologi Universitas Muhammadiyah Lamongan merupakan salah satu dari 11 judul yang berhasil meraih pendanaan. Dari 11 judul tersebut, 6 judul berasal dari Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, 4 judul dari Fakultas Ilmu Kesehatan, dan 1 judul dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Universitas Muhammadiyah Lamongan juga berhasil menempati peringkat ke-11 di antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah (PTMA) yang mendapatkan pendanaan PKM di tahun 2024. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Muhammadiyah Lamongan terus berupaya untuk mendorong inovasi dan riset di kalangan mahasiswa guna mendukung pembangunan bangsa.

Keberhasilan ini memberikan harapan baru bagi mahasiswa dan institusi pendidikan lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam menghadirkan solusi bagi berbagai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dan lingkungan. Semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi pembangunan berkelanjutan dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).