03 Dec

Empat Mahasiswa Prodi Biologi UMLA MBKM Perdalam Biometerial-Bioremidiasi

Kaprodi Biologi Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA), Putri Ayu Ika Setiyowati, M.Si, mengungkapkan ada empat mahasiswa prodi yang dipimpinnya melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Negeri Pajajaran, Jabar. Mereka akan mengikuti kuliah sesuai dengan prodinya selama satu semester di kampus yang berada di  Kabupaten Sumedang ini.

Menurut Putri, empat mahasiswa ini lolos seleksi dari delapan peserta sesama UMLA. Mereka adalah Angella A Syaputra, Lailatus Fitri, Ayu Dewi Wulandari, dan Nynda Ayu Nadira Savitri. Selama berada di Universitas Pajajaran nanti menempuh mata kuliah unggulan yakni Biomaterial yang terkait potensi material dari bahan alam yang digunakan untuk berbagai keperluan bidang bangunan, rancang bangunan, kesehatan dan semisalnya. Kedua, juga memperdalam mata kuliah Bioremidiasi tentang perbaikan lingkungan yang tercemar, atau agroindustry dan perairan tercemar.

Harapannya mahasiswa setelah selesai menempuh mata kuliah ini bisa menjadi wawasan mahasiswa untuk skripsi maupun lomba-lomba karya ilmiah. Sebab mahasiswa yang masuk program MBKM ini adalah mahasiswa semester enam. Keuntungan lainnya darin program MBKM ini, Universitas Pajajaran juga menyambut kerja sama bidang pengabdian dan penelitian mahasiswa-dosen UMLA. Prinsipnya bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.             

“Ini juga sebagai pengalaman mahasiswa atmosfer kuliah di dalam universitas negeri. Sebab saat menempuh program MBKM ini mahasiswa UMLA diberikan fasilitas sama seperti mahasiswa universitas setempat. Seperti nomer induk mahasiswa  yang mempunyai akses seluruh fasilitas yang ada di Universitas pajajaran,” ujarnya.


Kata Putri, usai pelaksanaan MBKM tersebut empat mahasiswa prodi Biologi UMLA ini mengadakan sharing season tentang pengalamannya ketika kuliah satu semester di Universitas Pajajaran. Tujuannya agar mahasiswa yang lain termotivasi untuk meniru dan mengadaptasi pengalaman selama  menempuh program MBKM. Sebab mahasiswa akan rugi jika tidak memanfaatkan program MBKM.

Diantara keuntungan menempuh program MBKM ini mahasiswa mendapatkan konversi nilai, khususnya pada mata kuliah yang ditempuh. Menariknya mahasiswa Biologi UMLA juga dimotivasi untuk mengikuti program yang berbasis Kemendikbudristek dikti.

Yakni program hibah PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), hibah PPK Ormawa, hibah P2MB, Olimpiade MIPA sumbernya dari prodi Biologi dan Fisika yang memilih mahasiswa untuk ikut seleksi di tingkat wilayah.   Selain itu Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Prestasi). Menyambut program ini semua mahasiswa sudah dibagi untuk mengikutinya, namun hasilnya masih proses penilaian dari Kemendikbudristekdikti.


“Kami sudah mengirim mahasiswa untuk mengikuti semua program ini. sekarang masih proses menunggu hasilnya. InsnyaAllah mahasiswa kami dapat lolos semua,”kata Putri.